Jumat, 08 Juni 2012

Kampus : AMIK STIEKOM SUMATRA UTARA
Konsentrasi : Teknik Informatika
Kelas : 2 C3 TI

Nama : Hariyono
Mata Kuliah : Teori Struktur Data





Pengertian Struktur Data

  sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.



Untuk materi struktur data pada kuliah perdanan ini hanya menjelaskan kalo struktur data itu mempelajari pengorganisasian file(berkas) maupun memori pada komputer pada suatu media penyimpanan dengan menggunakan struktur data Array, Struct, tree dan linked list serta hashing.

matakuliah ini juga mengajarkan teknik-teknik manipulasi data seperti tambah, hapus, edit, searching dan sorting yang di lakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman yakni C/C++.

dan tadi tuh cuma refresh-refresh aja tentang bahasa C yang point dan bakal kita gunain untuk materi struktur data ini , seperti pendeklarasian variabel,  increament decrement, casting, kondisi pemilihan(if../if.. else,switch case), teknik looping serta funtion.

untuk pendeklarasian variabel sodara sodara kan sudah faham jadi gak usah di ulang tapi bagi yang belum tahu caranya "tipe data+namavariabel;". nah untuk increament dan decrement ni ada yang baru...
misalnya aku punya variabel i, dan incrementnya adalah ada dua macam yaitu ++i dan i++ nah ternyata  antara dua tersebut berbeda. misalnya kita buat program yang menampilkan nilai variabel source codenya seperti ini

main()
{
    int a,b,c;
    a=5;
    b=a++;
    c=++a;
    printf("b=%d, c=%d", b,c);
}

nah setelah di run programnya nilainya akan berbeda yang b = 5 dan yang c =7 aneh kan , gag aneh memang seperti itu.

kemudian untuk switch juga ada yang baru
misal programnya seperti ini

int h;
switch(h)
{
case 1:
case 2:
case 3: printf("*");break;
case 4 : printf("a"); break;
default : printf("masukan anda salah"); break;
}

nah setelah programnya di compile dan di run maka kalo kita memasukkan angka 1/2/3 maka tanda bintang akan ditampilkan, kenapa demikian karena kita tidak memberi fungsi break.

sekian untuk kali ini itu adalah sebuah pengantar dari mata kuliah structur data, semoga tulisan ini jadi bermanfaat untuk saya . aminn. . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar